Minggu, 13 Maret 2011

Lapangan, dan sistem permain sepak bola



  1. Ukuran lapangan basket Internasional (FIBA) adalah 28x15 meter (92x49 ft)
  2. Ukuran NBA menerapkan ukuran 29x15 meter (94x50 ft). Tinggi ring adalah 3,05 meter. Sistem pertandingan menggunakan sistem setengah kompetisi yang terdiri dari 8 tim dan akan disitribusikan ke dalam 2 (dua) group, masing-masih group terdiri dari 4 (empat) tim.
  3. Setiap tim terdiri dari 10 pemain meliputi 5 pemain inti yang bermain di lapangan dan 5 pemain cadangan.
  4. Pergantian pemain inti dan cadangan pada saat pertandingan berlangsung tidak dibatasi.
  5. Pertandingan tidak akan ditunda apabila salah satu atau lebih dari satu anggota tim sedang bermain untuk cabang olahraga yang lain.
  6. Jumlah pemain minimum yang boleh bermain di lapangan adalah 4 orang.
  7. Apabila di lapangan terdapat kurang dari 4 orang, maka tim yang bersangkutan akan dianggap kalah.
  8. Setiap peserta hanya diperbolehkan membuat maksimal 4 (empat) personal fouls (pada personal foul ke 5 (lima), fouled out).
  9. Team foul maksimum adalah 5 (lima). Setiap foul setelah foul ke 5 (lima), maka tim lawan berhak mendapatkan 2 (dua) buah free throw.
  10. Team foul akan di-reset pada perpindahan babak, namun, pada saat overtime, team foul tidak akan di-reset.
  11. Waktu pertandingan untuk penyisihan group adalah 2 X 20 menit kotor, dimana waktu tidak akan dimatikan pada saat time out dan free throw.
  12. Waktu pertandingan untuk babak semi final adalah 2 x 20 menit semi kotor, dimana waktu akan dimatikan pada saat time out dan free throw.
  13. Waktu pertandingan untuk babak final adalah 2 x 20 menit bersih, dimana waktu akan dimatikan pada saat bola mati, time out dan free throw.
  14. Waktu istirahat pergantian babak ditetapkan selama 5 menit.
  15. Waktu time out ditetapkan selama 1 (satu) menit dengan masing-masing tim memperoleh 1 (satu) kali time out pada setiap babak. Apabila pada akhir game, kedua tim memperoleh angka yang sama, overtime akan diadakan.
  16. Masa overtime berlangsung selama 1 x 5 menit (bersih). Apabila sampai dengan akhir waktu dari babak overtime, masih terdapat perolehan angka yang sama, maka akan dilakukan adu free-throw. Setiap tim diwakili oleh 2 orang dengan masing-masing orang memiliki 5 kali kesempatan.
Kemenangan dalam pertandingan penyisihan mendapat nilai 1. Apabila ada dua tim atau lebih mendapat nilai sama, maka penentuan juara group dan runner up akan dilihat dari kualitas angka memasukan pada tiap-tiap pertandingan yang dimainkan. Diluar dari aturan yang tertera disini, peraturan permainan mengikuti peraturan international.

materi referensi : http://en.wikipedia.org/wiki/Basketball

1 komentar:

  1. Mohon tanya,
    lapangan basket dikatakan memenuhi standard internasional itu persyaratannya apa?
    kalau ukuran sudah memenuhi, tetapi jarak kanan-kiri, belakang ring kurang dari atau sama dg 1 m, apa masih memenuhi syarat?
    Terima kasih, Antok

    BalasHapus